Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Serba-Serbi Tanaman Lidah Mertua , Tanaman Hias Cantik Tak Seseram Namanya

Beritawarganet - Bagi pecinta tanaman hias tentunya tidak asing dengan nama Tanaman Lidah Mertua atau Sansevieria. Tanaman yang juga memiliki nama lain Lidah Menantu ini adalah tanaman yang cukup populer karena keindahannya dan perawatannya yang cukup mudah. Bentuknya yang menyerupai mata pedang juga disebut dengan tanaman pedang-pedangan. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Snake Plant. 

Tanaman tropis ini berasal dari Afrika Barat. Sansevieria ini juga sangat mudah untuk ditanam. Tanaman ini memiliki ciri khas daun yang keras seperti karakter sukulen, tegak, dan ujung meruncing. Tanaman ini juga memiliki berbagai kombinasi warna yang menarik, sehingga sangat cantik jika warganet memajangnya di rumah sebagai penghias di dalam maupun di luar rumah. 

Tanaman Lidah Mertua , Tanaman Hias Cantik Tak Seseram Namanya
Tanaman Lidah Mertua Tanaman Hias Cantik Banyak manfaat

Ternyata, di balik namanya yang angker dan tampilannya yang unik dan indah, tak banyak yang tahu Tanaman Lidah mertua memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah menyerap polutan di udara, hingga merawat rambut warganet agar terlihat lebih berkilau. Dan jika warganet belum memiliki tanaman hias ini dan  ingin mencoba menanamnya, kami memiliki berbagai informasi mengenai cara menanam, jenis, sampai dengan perawatan Tanaman Lidah Mertua yang dapat warganet coba dirumah. Kita mulai dari jenisnya. 

Jenis Tanaman Lidah Mertua yang Cantik Sebagai Dekorasi Rumah

Tanaman Lidah Mertua secara umum dibagi menjadi dua macam yaitu Lidah Mertua dengan daun pendek yang memiliki panjang daun sekitar 8 cm. Jenis ini cocok untuk dipajang di dalam rumah baik di meja, rak maupun di ruang tamu. 

Jenis kedua adalah Lidah Mertua dengan daun  yang tumbuh memanjang ke atas. Jenis ini memiliki ukuran panjang daun antara 50 sampai 75 cm. Jenis ini cocok digunakan sebagai pemanis halaman warganet loh. Bisa juga digunakan sebagai pembatas ruangan yang estetis dan unik dirumah. 

Sansevieria sendiri terbagi menjadi 70 jenis yang dapat warganet pilih sebagai tanaman hias dalam rumah. Untuk itu, pot dengan ukuran 15 sampai 30 cm sangat pas jika digunakan untuk menanam tanaman hias ini. Nah berikut ini adalah daftar tanaman Lidah mertua yang dapat dijadikan sebagai hiasan di rumah warganet. Berikut daftarnya.

1, Sansevieria trifasciata laurentii

Jenis ini adalah jenis tanaman lidah mertua yang mudah dikenal dan paling populer di Indonesia. Warganet tentunya sering melihat Lidah mertua jenis ini di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, kedai kopi, atau restoran,sebagai penyekat ruangan. 

Tanaman Lidah Mertua Sansevieria trifasciata laurentii
Sansevieria trifasciata laurentii

Tanaman jenis ini memiliki bentuk daun yang keras dan memanjang. Ciri khas warna hijau dengan kombinasi warna kuning di sisi daunnya membuat sansevieria trifasciata laurentii dianggap memberikan kesan kuat dan berani pada rumah. Tanaman ini memiliki daun berbentuk pedang yang tumbuh secara vertikal dalam rumpun yang rapat. Jenis ini adalah jenis yang paling sering ditanam oleh pecinta tanaman hias. 

2. Sansevieria trifasciata

Secara sekilas jenis sansevieria ini memang tidak jauh berbeda dengan jenis trifasciata laurentii. Jenis ini juga memiliki bentuk daun yang keras dan memanjang.Perbedaannya terletak pada corak warna yang dimiliki. Jika jenis trifasciata laurentii memiliki kombinasi warna hijau dengan tepi daun berwarna kuning,Sansevieria trifasciata memiliki kombinasi hijau tua dan hijau muda. 

Tanaman Lidah Mertua Sansevieria trifasciata
Sansevieria trifasciata

Walaupun warna yang dimiliki jenis ini terlihat kurang menarik. Namun jenis ini lebih toleran terhadap kondisi gelap atau teduh.Tanaman yang berasal dari Afrika Barat ini adalah salah satu pilihan populer sebagai aksen yang tegas dalam dekorasi ruangan

3. Sansevieria cylindrica 

Lidah mertua yang juga disebut Spear Sansevieria memang bentuknya menyerupai tombak sesuai seperti namanya. Tanaman Jenis ini memiliki daun yang tegak dan kuat serta memiliki bentuk seperti tabung dengan ujung yang runcing pada bagian atasnya.

Tanaman Lidah Mertua Sansevieria cylindrica
 Sansevieria cylindrica

Daun yang tumbuh juga dapat Anda percantik dengan membentuknya dengan cara di anyam. Memiliki Kombinasi warna hijau tua dan hijau muda yang cantik memang sangat cocok digunakan sebagai penghias ruangan. Namun warganet harus ekstra sabar untuk menanam sansevieria ini, karena pertumbuhannya memerlukan waktu yang cukup lama.

4. Sansevieria hahnii

Sansevieria hahnii yang juga sering disebut Golden Birdnest adalah salah satu jenis lidah mertua yang bentuknya unik. Dengan bentuknya yang kecil lidah mertua ini terlihat lebih anggun. Seperti tanaman lidah mertua lain, jenis ini juga memiliki bentuk daun seperti lidah mertua lainnya, yang membedakan hanya ukurannya lebih kecil.

Tanaman Lidah Mertua Sansevieria hahnii
Sansevieria hahnii

Jenis ini termasuk yang paling menarik diantara yang lain. Namun pertumbuhannya yang tidak begitu tinggi dan lebar membuat jenis ini tidak sekuat jenis lainnya. Jika dilihat sekilas tanaman ini mirip kaktus 

5. Sansevieria Stuckyi

Sansevieria stucky sekilas mirip dengan sansevieria cylindrica yang memiliki bentuk daun yang menyerupai tabung. Perbedaannya adalah Stuckyi memiliki bentuk daun yang lebih tegak dan ramping. Tanaman lidah mertua jenis ini dapat tumbuh tinggi hingga 2 meter.

Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Stuckyi
Sansevieria Stuckyi

Selain dapat mengurangi polutan yang ada di udara, Sansevieria stuckyi juga dapat mengeluarkan aroma yang wangi dan memberikan ketenangan bagi warganet. Tanaman ini sangat cocok ditaruh di ruang keluarga atau di ruang tamu.

6. Sansevieria Pinguicula

Jenis pinguicula adalah jenis lidah mertua yang berasal dari daerah Bura, Kenya. Jenis ini memiliki ciri khas daun yang berwarna hijau kebiruan dengan pinggiran daun memiliki pembatas berwarna coklat kemerah-merahan. Berbeda dari jenis tanaman lidah mertua lainnya, pinguicula memiliki bentuk yang tebal dan cekung di bagian tengahnya.

Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Pinguicula
Sansevieria Pinguicula

Sansevieria ini juga biasa disebut walking sansevieria mungkin dikarenakan memiliki jangkungan akar memanjang dengan tanaman yang jauh dari induknya dan terlihat seperti kaki. Tanaman lidah mertua pinguicula memiliki pertumbuhan yang cepat. Dengan bentuknya yang unik, tentunya warganet ingin memilikinya di ruang tamu bukan?

7. Sansevieria Kirkii

Tanaman lidah mertua sama seperti jenis hahnii yang memiliki ukuran nya yang kecil. Dengan daun yang kecil dan memiliki ciri daun yang berwarna putih kehijauan. Sansevieria kirkii memiliki daun yang berbentuk seperti bintang dan memiliki bunga yang berbentuk kerucut.

Sansevieria Kirkii
Sansevieria Kirkii

Lidah mertua jenis kirkii ini memiliki aroma wangi alami. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai pengharum ruangan sekaligus memperindah ruang tamu atau ruang keluarga warganet. 

8. Sansevieria Ehrenbergii

Lidah mertua jenis ini banyak ditemui  di Libya sampai Tanzania. Ciri khas dari tanaman lidah mertua ini adalah bentuknya yang kecil dan daun yang terlihat sedikit kaku. Tanaman dewasa akan berwarna hijau gelap.

Sansevieria Ehrenbergii
Sansevieria Ehrenbergii

Tanaman ini akan terlihat cantik ketika digunakan sebagai  penghias rumah. Apalagi jika ditanam ke dalam pot kecil dan dipajang di sudut ruang tamu. 

9. Sansevieria Moonshine

Jenis Lidah Mertua yang satu ini sangat berbeda dengan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan hampir seluruh bagian daunnya berwarna hijau dan memiliki warna yang lebih terang jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Sansevieria Moonshine memiliki bentuk daun yang pendek dan melebar.

Sansevieria Moonshine
Sansevieria Moonshine

Warnanya yang terang akan membuat  ruangan terasa lebih segar. Dengan ukurannya yang relatif kecil sangat cocok jika dijadikan tanaman hias dalam ruangan dan ditaruh menjadi pajangan di atas meja kerja warganet.

10. Sansevieria Gold Flame

Walaupun banyak ditemukan di daerah yang memiliki iklim tropis, namun Jenis sukulen ini termasuk langka dan sulit ditemukan. Keunikan Jenis tanaman lidah mertua ini adalah bentuknya yang seperti kobaran api.

Sansevieria Gold Flame
Sansevieria Gold Flame

Daun yang berwarna kuning berpadu apik dengan warna hijau tua yang ada di bagian tengahnya. Kombinasi warna ini akan sangat indah jika ada di rumah sebagai dekorasi. 

11. Sansevieria Black Dragon

Seperti namanya, jenis tanaman lidah mertua mini ini memiliki warna yang cenderung gelap dibanding tanaman hias lidah mertua lainnya. Sansevieria Black Dragon mudah beradaptasi dengan tingkat cahaya yang berbeda. 

Sansevieria Black Dragon
Sansevieria Black Dragon

Meski berwarna gelap, bentuknya daun yang pendek dan melebar akan tetap cantik jika dipajang di meja kerja atau teras rumah. Tanaman Lidah mertua ini akan sangat sedap dipandang mata dan dapat memberikan sensasi tenang di rumah.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Selain digunakan sebagai penghias atau pajangan dalam rumah, ternyata tumbuhan ini memiliki banyak sekali manfaat. Sebelumnya kami sudah pernah membahas tanaman hias dalam rumah anti racun. Dan tanaman lidah mertua ini adalah salah satunya. Selain dapat menetralisir racun yang ada di udara beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman ini adalah

1. Mengurangi sick building syndrome.

Sick building syndrome adalah kondisi kesehatan yang menurun akibat kandungan karbon dioksida (CO2), nikotin, dan efek penggunaan AC dalam ruangan dengan intensitas yang tinggi. Warganet dapat meminimalisir sick building syndrome ini dengan meletakkan Lidah Mertua di dalam ruangan. Tanaman ini akan menyaring , zat berbahaya yang ada di ruangan dan membuatnya terasa lebih segar. 

2. Menyerap gelombang radiasi

Jika di dalam ruangan banyak terdapat barang elektronik seperti TV atau komputer tentunya juga akan menimbulkan gelombang radiasi yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Nah, tanaman lidah mertua juga ternyata memiliki kemampuan untuk mereduksi gelombang radiasi yang dihasilkan oleh barang-barang elektronik tersebut.

3. Sebagai Tanaman Obat

Selain diletakkan dalam ruangan, Tanaman hias ini juga dapat diolah menjadi tanaman obat. Lidah mertua pun memiliki sejumlah manfaat bagi para penderita penyakit seperti wasir, meredakan sakit kepala dengan membakar daun lidah mertua. Jika rebusan daun lidah mertua diminum dua kali sehari juga dipercaya sebagai salah satu cara untuk menurunkan resiko diabetes.

Tanaman sansevieria juga dapat digunakan untuk merawat rambut agar sehat dan berkilau.

4. Menetralkan Aroma yang tak Sedap pada Kulkas

Selain memiliki kemampuan menyerap berbagai macam polutan yang ada di udara. Lidah mertua juga memiliki kemampuan untuk menyerap bau tak sedap pada sebuah ruangan. Contohnya adalah menghilangkan bau tak sedap pada kulkas dengan cara meletakkan potongan lidah mertua di pintu kulkas.

Cara Menanam Tanaman Lidah Mertua

Nah, setelah mengetahui keindahan dan berbagai jenis tanaman lidah mertua. Tentunya warganet ingin memiliki tanaman ini di rumah. Apalagi Lidah Mertua merupakan jenis tanaman yang cukup mudah untuk dibudidayakan karena memiliki daya adaptasi sangat baik pada lingkungan apapun. Jika warganet ingin mencoba membudidayakan tanaman ini, warganet dapat melakukannya dengan cara:

1. Menanam dengan Pemisahan Tunas

Caranya adalah menyediakan pot atau wadah plastik yang berisikan media tanam dicampur dengan pupuk. Selanjutnya yang Anda perlukan adalah mengambil tunas yang memiliki daun dengan jumlah minimal 3 helai. Warganet dapat memotongnya dengan pisau yang tajam. Jangan lupa untuk mengolesi bekas potongan dengan pestisida. 

Setelah proses pemisahan tunas selesai, masukkan tanaman pada pot baru yang telah disediakan. Tanaman lidah mertua mulai bertunas apabila usianya mencapai 1 tahun. Sedangkan pemisahan tunas dari tanaman induknya dapat dilakukan setelah tunas berumur 2-4 bulan.

2. Menanam dengan Stek Daun

Cara selanjutnya adalah dengan cara Stek daun. Cara ini dilakukan dengan cara memotong daun lidah mertua secara horizontal. Yang perlu diperhatikan adalah daun yang akan distek harus memiliki usia yang cukup. Biasanya warganet dapat memilih daun terbawah atau daun tertua. Biasanya cara penanaman Lidah Mertua dengan menggunakan cara ini akan menghasilkan tanaman yang bermutasi berupa perubahan corak dan warna.

Baca JugaCantik di Ruangan, Ini Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot Mudah


Cara Merawat tanaman lidah mertua

Cara merawat tanaman inipun tergolong mudah. Warganet hanya perlu menyiram 1 atau 2 kali dalam seminggu. Penyiraman dilakukan dengan kadar air sekitar 25 sampai 30 ml dalam satu kali penyiraman. Walaupun tanaman ini mudah dalam perawatan namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah:

Intensitas Cahaya

Warganet harus memperhatikan tanaman dapat memperoleh sinar matahari langsung selama beberapa jam. Tumbuhan pada dasarnya selalu membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis.

Jumlah air pada saat penyiraman

Sebaiknya warganet menyiram tanaman ini secukupnya. Tanaman lidah mertua ini adalah tanaman  yang tidak memerlukan banyak air. Bahkan, jumlah air yang terlalu banyak akan dapat membuat  akar tanaman bisa membusuk.

Asupan Nutrisi

Sama seperti tanamn hias lain, Lidah mertua juga memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk dapat tumbuh dengan baik. Warganet dapat memberikan Pupuk pada tanaman yang dirawat. Namun perlu diingat, nutrisi yang berlebihan juga tidak baik bagi Sansevieria yang warganet tanam.

Tanaman Lidah mertua memang sudah banyak dikenal sebagai salah satu tanaman hias dalam ruangan favorit. Hal ini dikarenakan kecantikannya sebagai dekorasi rumah dan juga beragam manfaat yang dapat diperoleh.  Jadi apakah warganet tertarik untuk membudidayakannya?

Posting Komentar untuk "Serba-Serbi Tanaman Lidah Mertua , Tanaman Hias Cantik Tak Seseram Namanya"