Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bunga Gerbera Bunga Potong yang Ramai Peminatnya

Beritawarganet - Bunga gerbera adalah salah satu bunga potong yang banyak dijadikan komoditas dagang selain mawar, tulip, anyelir atau lily di dunia. Gerbera atau Herbras merupakan komoditas bunga potong  yang sering dimanfaatkan sebagai bahan buket yang  tak pernah sepi peminatnya. Hal ini dikarenalkan keindahan, warna dan juga wanginya yang khas. Selain itu, yang membedakan bunga gebras dengan bunga potong lain adalah pada tangkainya yang lunak dan  dapat bertahan sampai dengan 3 minggu. Sehingga jika Warganet membeli bunga ini tidak perlu khawatir bunga gerbera yang dibeli akan cepat layu.

Bunga Gerbera Bunga Potong yang Ramai Peminatnya
Bunga Gerbera Bunga Potong yang Ramai Peminatnya

Seperti jenis bunga potong yang lain, Ada berbagai macam pilihan warna yang ditawarkan oleh bunga gerbera. Warganet dapat dengan mudah menemukan dan memberli bunga gebras di toko-toko yang menjual bunga hias atau bunga potong. Bunga ini dapat dibeli per tangkai ataupun berupa buket gerbera dengan rangkaian bunga yang indah dan penuh warna. Selain keindahan serta beragam warna yang cantik, bunga gebras juga memiliki banyak manfaat loh. Salah satunya adalah dapat menetralkan polutan di udara. Bunga Gerbera juga merupakan salah satu penghasil minyak atsiri. Minyak ini banyak digunakan sebagai bahan baku industri minyak wangi, sabun dan kosmetik. Hingga tak heran banyak produk kecantikan atau kosmetik yang dibuat mengunakan ekstrak Gerbera.

Baca Juga : Punya Dirumah? Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun, Bikin Sehat Dan Tetap Kece Di Ruangan

Jenis Bunga gerbera yang banyak dibudidayakan di Indonesia

Bunga Gerbera mulai dibudidayakan pada akhir abad ke-19 . Richard Lynch yang merupakan seorang kurator di Kebun Raya Cambridge, Inggris melakukan persilangan dua spesies Bunga Gerbera yang berasal Afrika Selatan. Spesies tersebut adalah  Gerbera jamesonii dan Gerbera viridifolia. Dari Pesrilangan ini menghasilkan Gerbera hybrida. Ada lebih dari 40 spesies gerbera yang tersebar di dunia. Mulai dari Afrika, Asia sampai dengan Amerika Selatan. Dan sebagian besar kultivar gerbera yang diperdagangkan pada saat ini adalah hasil persilangan dari keturunan dua spesies Gerbera jamesonii dan Gerbera viridifolia.

Ada lebih dari 40 spesies gerbera yang tersebar di dunia
Ada lebih dari 40 spesies gerbera yang tersebar di dunia

Bunga Gerbera sendiri memiliki lebih dari 2.000 kultivar yang memiliki berbagai warna dan ukuran yang bervariasi. Hal ini meyebabkan Bunga ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai bunga potong.  Bunga gerbera juga merupakan salah satu jenis bunga favorit yang ditanam sebagai tanaman hias baik di taman maupun ditanam didalam pot. Lantas jenis apa saja yang sering di budidayakan di Indonesia? Berikut ini adalah daftarnya

Gerbera berbunga selapis

Jenis gerbera yang satu ini memiliki helai mahkota bunga tersusun selapis. Pada umumnya Gerbera berbunga selapis memiliki warna merah, pink dan kuning.

Gerbera berbunga dua

Gerbera berbunga dua memiliki dua susun helai mahkota yang bervariatif. Lapis helai mahkota pada bagian luar akan sangat tampak perbedaan susunannya denga helai mahkota pada bagian dalam. Gerbera Gerbera jamensonii Fantasi Double Purple yang memiliki warna merah adalah jenis gerbera berbunga dua.

Gerbera berbunga tiga lapis

Sama seperti namanya,  jenis gerbera ini memiliki helai mahkota tersusun bervariasi hingga tiga lapis. Yang termasuk kedalam jenis gerbera berbunga tiga lapis adalah Gerbera jamensonii Fantasi Triple Red yang memiliki warna dominan kemerahan.

Baca Juga : Membawa Kesejukan Alam Ke Dalam Rumah Dengan Palem Bambu

Dengan berbagai macam jenis dan kultivar menjadikan bunga Gerbera menjadi salah satu komoditas bunga potong yang cukup populer di Indonesia. Bunga gerbera & bunga daisy saat ini banyak dibudiyakan. Dan saat ini bunga gerbera sering dibudidayakan juga di dalam pot sebagai tanaman hias dalam ruangan yang digunakan sebagai penghias interior rumah. Dan bagi warganet yang ingin mencoba membudidayakan atau menanam bunga ini, berikut ini adalah cara budidaya Bunga Gerbera yang dirangkum dari berbagai sumber.

Budidaya Garbera

Dengan kondisi alam Indonesia yang beriklim tropis, secara umum memang sangat cocok untuk menanam bunga garbera dari berbagai jenis. Dan proses penanaman dan perawatannya juga cenderung mudah dan hampir sama dengan cara penanaman maupun perawantan tanaman hias lainnya. Nah, untuk Warganet yang tertarik dan ingin membudiyakan bunga gerbera, berikut ini adalah beberapa tips menanam dan merawat gerbera yang bisa diikuti

1. Syarat Tumbuh

Dalam membudidayaka  bunga gerbera, hal pertama yang harus diperhatikan tentu saja adalah media tanam yang digunakan. Warganet harus memastikan penggunaan pot yang memadai dengan media tanam yang subur. Lingkungan yang paling cocok untuk bunga ini adalah daerah dataran tinggi yang sejuk. Dengan suhu sekitar 14 hingga 30 derajat Celcius. Walaupun begitu, bukan berarti juga  bunga gerbera ini tidak dapat tumbuh di dataran rendah. Bunga Garbera akan tumbuh dengan baik di tanah lempung berpasir yang kaya unsur hara dan humus.

Baca Juga : Serba-Serbi Tanaman Lidah Mertua , Tanaman Hias Cantik Tak Seseram Namanya

2. Bibit Garbera

Warganet dapat melakukan perkembangbiakan gerbera baik secara generative menggunakan biji maupun dengan cara vegetatif . Jika dengan cara vegetative warganet dapat mengembangbiakan tanaman berasal dari anakan atau potongan rimpang.  Bunga Gerbera juga dapat dikembang biakan melalui proses kultur jaringan. Pada umumnya cara yang termudah dan sering dilakukan oleh para petani untuk menembangbiakan bunga gerbera adalah dengan menggunakan bibit dari rimpang tanaman induk.

3. Cara Tanam

Warganet dapat menyiapkan medida tanam berupa tanah yang digemburkan terlebih dahulu dan juga sangat baik jika ditambahkan dengan pupuk kandang. Setelah itu. Masukkan bibit bunga garbera ke dalam lubang tanam. Selanjutnya, timbun dengan tanah dan padatkan hingga bagian pangkal dalam posisi tegak. Terakhir , siram tanaman secara rutin pada pagi dan sore hari.

Baca Juga: Punya Bunga Peace Lily dirumah? Begini Cara Merawatnya

4. Perawatan

Agar tumbuh dengan maksimal, tentu saja warganet harus melakukan perawatan pada bunga gerbera yang sudah ditanam. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah

Penyinaran

Pastikan bahwa tanaman Bunga Gerbera mendapatkan cukup penyinaran dari matahari. Sinar matahari adalah salah satu unsur penting yang dapat merangsang terjadinya pembungaan. Tanaman yang tidak mendapatkan cukup penyinaran matahari, maka dapat dipastikan tanaman tersebut tidak akan berbunga dengan maksimal.

Penyiraman

Penyiriaman tentunya adlaah hal yang penting untuk dilakukan. Penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari, pada setiap pagi dan sore. Pastikan air yang digunakan untuk menyiram tanaman adalah air bersih. Usahakan tidak menggenang pada saat melakukannnya.

Pemupukan

Untuk menjaga agar tanaman tetap mendapatkan nutrisi yang cukup, warganet dapat melakukan pemupukan  Berikan pupuk yang mengandung kalium untuk merangsang pembentukan bunga. Selain itu, warganet juga dapat menggunakan Zat perangsang tumbuh untuk merangsang terjadinya pembungaan.

Pemangkasan dan Pengendalian Penyakit

Daun yang terlalu banyak dapat menghambat proses pembungaan. Hal ini dapat dikurangi dengan cara dipangkas.  Warganet juga dapat menyemprotkan insektisida melihat adanya tanda hama atau enyakit pada tumbuhan gerbera. Beberapa penyakit tersebut mislanya daun yang bolong-bolong karena dimakan ulat. Namun jika tidak ditemukan adanya tanda hama atau penyakit, penyemprotan insektisida pada bunga gerbera yang ditanam tidak diperlukan lagi.

Posting Komentar untuk "Bunga Gerbera Bunga Potong yang Ramai Peminatnya"