Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Punya Bunga Peace Lily dirumah? Begini Cara Merawatnya

Beritawarganet - Bunga Peace Lily yang memiliki nama lain Spathiphyllum ini pertama kali dibawa  ke Benua Eropa pada tahun 1824. Bunga ini ditemukan oleh Gustav Wallis di hutan Kolombia.  Dengan nama umum yang anggun "Peace Lily", Spathiphyllum adalah tanaman hias yang mudah dirawat. Bunga Ini juga dapat menghilangkan banyak racun dari udara dalam ruangan termasuk  amonia.

Bunga Peace Lily yang memiliki nama lain Spathiphyllum
Bunga Peace Lily memiliki nama lain Spathiphyllum

Nama "Peace Lily" mungkin berasal dari bunga putih bersih yang terlihat seperti bendera putih.  Tanaman juga ini cukup murah untuk dibeli. Bunga ini juga termasuk bunga popular sehingga membuatnya dapat ditemukan di hampir setiap toko yang menjual tanaman hias. Alasan orang menyukai tanaman ini biasanya karena mudah dalam perawatannya. Selain itu, Bunga Peace Lily juga memiliki tampilan yang sangat menarik.  Warna daun hijau tua yang kontras dengan bunga putih menjulang tinggi pada batang yang kaku membuat bunga ini terlihat menawan berada di ruangan rumah sebagai dekorasi interior. Tentu saja bunga ini juga akan membantu menyaring udara di sekitarnya dari berbagai racun yang ada. 

Baca Juga : Punya Dirumah? Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun, Bikin Sehat Dan Tetap Kece Di Ruangan

Lantas bagaimana sih cara merawat bunga Peace Lily agar terlihat maksimal di ruangan Anda? Tenang saja warganet bisa menyimak cara merawat bunga Peace Lily berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Merawat Bunga Peace Lily

Kebutuhan Cahaya 

Banyak yang mengatakan bahwa “Peace Lily tumbuh di tempat gelap ". Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, namun  ini mitos bisa juga menyesatkan.  Peace Lily yang  ditanam sebagai tanaman hias di tempat yang terangdan tidak terkena sinar matahari secara langsung, pertumbuhannya akan lebih cepat dan kuat dibandingkan tanaman yang ditanam di tempat gelap. Namun jika warganet memang lebih memilih untuk menumbuhkan tanaman ini di area yang lebih gelap di rumah. Seperti yang dikatakan diatas, Peace Lily warganet akan bertahan, beradaptasi dan tumbuh (meskipun perlahan). 

Meskipun Spathiphyllum akan mentolerir cahaya yang sangat rendah, tanpa adanya sinar dari jendela atau bahkan cahaya lampu, bunga peace lily tidak mungkin memiliki bunga yang cantik . Bunga ini dapat mentolerir  cahaya apapun kecuali sinar matahari secara langsung. Semakin banyak cahaya yang diterima bunga peace lily Anda akan mekar dengan baik juga.  Artinya, jika warganet meletakkan pada tempat yang kondisinya mendukung,  maka tak  heran nantinya akan mendapatkan bunga putih cemerlang yang melayang di atas batang seperti awan mini.

Kebutuhan Air

Idealnya, warganet harus menjaga agar tanah tetap lembab namun bukan tidak basah. Warganet dapat menyirami secara menyeluruh tanaman ketika tanah baru saja menjadi kering. Namun jangan sampai merendam tanamannya. Jangan sampai bunga Peace Lily warganet layu ya, walaupun Spathiphyllum akan pulih dengan luar biasa walaupun layu yang sangat parah. Namun warganet kemungkinan besar akan melihat banyak daun kuning sebagai akibatnya.

Sesekali, warganet juga dapat tempatkan tanaman di kamar mandi dan sirami daunnya untuk membersihkan debu yang menumpuk. Cobalah untuk menjaga tanah tetap lembab setiap saat. Tetapi  setelah memiliki tanaman ini untuk beberapa lama, sangat mudah untuk melihat kapan ia membutuhkan air 

Baca Juga : Cantik di Ruangan, Ini Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot Mudah

Kebutuhan Nutrisi Tanaman

Seperti kebutuhan air, tanaman juga membutuhkan pupuk sebagai nutrisi. Tamanan tersebut secara visual akan memberi tahu pada saat tertetu. Misalnya jika warganet terlalu banyak memberikan pupuk, maka akan menyebabkan bintik-bintik coklat pada daun, dan terlalu sedikit pupuk akan menyebabkan tidak ada bunga atau pertumbuhan yang lambat (dengan asumsi kondisi cahaya terang). Untuk mencegah hal-hal ini terjadi, warganet dapat memberi kan nutrisi pada setiap beberapa minggu atau satu bulan sekali setelah di tanam.  

Masalah yang Biasanya dihadapi

Biasanya dalam menanam atau merawat bunga peace lily warganet juga akan menemui beberapa masalah diantaranya adalah

Tanaman tidak pernah berbunga 

Untuk dapat mengatasi permasalaha ini, pastikan tanaman menerima cukup cahaya, air, dan pupuk sesekali. Maka pastikan tanaman mendapatkan cahaya dan sebagainya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga : Apa manfaat lidah buaya bagi kesehatan? Yuk disimak ulasannya

Tanaman selalu terkulai  atau layu

Mungkin warganet akan mengira bunga peace lily yang dimiliki layu karena kekurangan air. Setelah itu segera mengambil air untuk menyiramnya. Niatan ini memang baik. Namun justur bisa berakibat lebih buruk lagi pada tanaman. Hal ini juga bisa disebabkan karena ada penyakit akar yang disebabkan  karena terlalu banyak air.

Ketika hal ini terjadi maka akan lebih aman untuk mengeceknya secara langsung dengan membongkar tanah dan melihat keadaan akarnya.  Raba tanah atau angkat potnya. Pot yang terasa ringan menunjukkan kebutuhan bunga peace lily akan air, sementara itu pot yang berat akan memberitahu warganet bahwa tanah sudah jenuh dan tidak perlu lagi air. Jika ini terjadi ambilah pot baru yangbersih bongkar tanah buang semua akar hitam atau rusak dengan hati-hati. Setelahnya tanam kembali (akan lebih baik degan tanah yang baru) lalu siram.

Bintik-bintik hijau tua hampir hitam di daun 

Jika muncul bintik-bintik hitam pada daun kemungkinan besar disebabkan karena terlalu banyak pupuk. Yang dapat warganet lakukan adalah dengan menyiram tanah dengan air bersih dan jangan memberikan pupuk lagi selama kurang lebih 6 bulan. 

Daun Peace Lily berwarna  kuning  dan coklat 

Daun Peace Lily  yang menguning dengan cepat adalah normal, terutama jika daun tersebut termasuk  daun yang tua. Namun jika Bunga Peace Lily warganet memiliki ujung daun yang menguning dan coklat dalam jumlah banyak sekaligus, hal ini dapat berarti tamana warganet berada di tempat yang terlalu terang. Atau juga dapat disebabkan karena tanaman telah terendam banyak air. Untuk mengatasinya cukup mudah yaitu dengan cara memindahkannya  ke lokasi yang lebih gelap dan kurangi penyiraman.

Baca Juga : Membawa Kesejukan Alam Ke Dalam Rumah Dengan Palem Bambu

Bunga Peace Lily akan menjadi hijau 

Seiring bertambahnya usia bunga (beberapa minggu setelah mekar), mereka secara alami akan mulai berwarna menjadi hijau. Hal ini memang sangat umum bagi Bunga Peace Lily. Namun Jika bunga tidak pernah berubah warna menjadi putih kemungkinan besar disebabkan oleh terlalu banyakpupuk di bulan-bulan sebelum kuncup terbentuk. 

Apakah Tanaman Ini Beracun? 

Peace Lily memang agak beracun bagi kucing, anjing, dan manusia.  Meskipun mengkonsumsi tanaman ini jarang berakibat fatal. Namun jika tanaman ini tertelandapat menyebabkan iritasi yang signifikan pada mulut, lidah dan bibir. 

Nah warganet, itulah beberapa tips cara merawat bunga peace lily yang ada dirumah. Mudah bukan  merawat bunga yang indah ini? Apapun jenis tanaman yang warganet punya diruma, dengan perawatan yang tepat  tentunya akan menghasilkan bunga indah yang dapat membawa kesejukan dan keindahan di dalam rumah.

Posting Komentar untuk "Punya Bunga Peace Lily dirumah? Begini Cara Merawatnya"