Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cantik di Ruangan, Ini Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot Mudah

Beritawarganet - Siapa sih yang tidak mengenal bunga Seruni alias bunga krisan? Bunga yang memiliki bentuk yang indah dan warna-warna yang cantik ini juga memiliki wangi yang harum. Hingga tak heran jika bunga ini memiliki banyak peminat. Dan tak jarang pula yang ingin tahu Cara Menanam Bunga Krisan dengan Pot. 

Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot Mudah
Chrysanthemum berasal dari kata ‘Chrys’ berarti emas dan ‘anthemon’, yang berarti bunga

Banyak orang membeli Bunga krisan karena harum yang dihasilkannya. Krisan atau chrysanthemum berasal dari China yang dibawa oleh orang orang eropa pada abad ke 18.  Nama Chrysanthemum berasal dari kata ‘Chrys’ yang berarti emas dan ‘anthemon’, yang berarti bunga. Nama ini diberikan oleh Bapak Taksonomi Modern, Carolus Linnaeus, seorang naturalis berkebangsaan Swedia. 

Krisan adalah bunga yang sangat mudah tumbuh di berbagai kondisi tanah. Sehingga bunga ini mudah untuk dibudidayakan baik dengan stek maupun dengan biji. Tanaman ini juga sangat mudah berbunga. Sehingga Anda akan dengan mudah menemukannya di toko bunga dan harganya pun terjangkau. Walaupun demikian, banyak yang mengeluhkan bunga krisan yang sangat mudah layu. Hal ini tentunya membuat Anda ingin tahu Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot, sehingga Anda dapat menikmati keindahan dan harumnya bunga krisan setiap hari.

Bunga ini sendiri memiliki 40 jenis dan ribuan varietas yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera masing-masing. Dan karena keindahan dan kemudahannya dalam dikembang biakan, mungkin dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan

Lalu bagaimanakah Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot yang mudah? Nah kali ini kami akan memberikannya untuk Anda. 

Langkah Penanaman Krisan Dalam Pot

Agar proses penanaman bunga krisan berhasil, Sebelum menanam, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu

Cermati Kondisi Lingkungan yang Sesuai untuk Pertumbuhannya

Bunga krisan memang cocok untuk di tanam di berbagai macam tanah. Namun, bunga krisan paling baik jika dibudidayakan pada tanah yang memiliki drainase baik dengan kelembaban tinggi. Bunga krisan juga cocok ditanam pada lingkungan yang memiliki suhu yang hangat. 

Oleh karena pastikan terlebih dahulu, tempat budidaya yang Anda pilih memiliki suhu dingin atau hangat. Selanjutnya, Untuk membuat tanah yang cocok Anda dapat mencampurkan kompos ke dalamnya. Pastikan tanah tersebut tidak menggumpal. Anda dapat meremas tanah agar menjadi halus sebelum dipindahkan kedalam pot. 

Jenis Bunga Krisan yang Akan Ditanam

Setelah mempersiapkan lahan, hal selanjutnya adalah Memilih dan Menentukan Jenis Bunga Krisan yang nantinya akan Anda tanam di dalam pot. 

Beberapa jenis krisan yang cocok ditanam dalam pot di antaranya:

  1. Krisan Pompon, yaitu bunga krisan yang memiliki bunga berbentuk bola-bola kecil. 
  2. Krisan Anemone, yaitu bunga Krisan yang memiliki bentuk seperti bunga aster. Krisan Anemone memiliki bunga dengan helai mahkota sebanyak satu atau dua baris saja di sekeliling pusatnya
  3. Krisan Daisy, yaitu bunga Krisan yang mirip bunga daisy. Jenis ini mempunyai memiliki helai mahkota sebaris
  4. Krisan Spider, bunga krisan yang memiliki helai mahkota yang panjang dan padat. Jenis ini adalah jenis bunga krisan yang cukup populer dan sering ditanam di dalam pot. 

Tahap Penanaman Bunga Krisan

Tahap Penanaman Bunga Krisan
Ilustrasi : bibit krisan dalam pot
Ada beberapa tahap yang akan Anda lakukan untuk mendapatkan Bunga Krisan yang Cantik di rumah Anda. Beberapa langkah dalam menanam Bunga Krisan adalah sebagai berikut.

Siapkan Pot Penanaman yang Sesuai

Untuk menanam bunga seruni tidak sesulit yang dibayangkan. Menanam bunga krisan juga tidak sesulit kelihatannya, hanya perlu menyiapkan pot yang sesuai untuk pertumbuhannya dan juga media tanah yang sebelumnya disebutkan diatas. 

Pilihlah pot yang sesuai untuk pertumbuhan bunga seruni. Anda dapat menggunakan baik pot plastik maupun tanah liat. Namun, pot tanah liat mampu menyerap menyerap kelebihan air dan juga menjaga media tanam agar tetap lembab.

Idealnya, dalam satu pot, Anda dapat menanam 5-6 biji. Hal ini agar bunga krisan yang Anda tanam dapat berkembang secara maksimal. Jangan lupa juga untuk memilih biji krisan yang berkualitas. 

Anda dapat mencari atau menemukan bibit bunga krisan dengan beragam jenisnya di toko online khusus benih bibit tanaman maupun di toko benih di kota Anda. 

Pilih Waktu Penanaman yang Tepat

Bunga krisan biasanya ditanam ketika masuk awal musim penghujan atau Anda juga dapat menanam pada masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Hal ini akan membuat tanaman dapat berbunga secara maksimal.  Pada masa  peralihan dari musim hujan ke musim kemarau juga  biasanya akan memberikan kesempatan pada bunga untuk beradaptasi dengan pot. Pada tahun berikutnya tanaman ini akan dapat berkembang dengan baik. 

Media Tanam yang Tepat

Agar pertumbuhan bunga seruni dapat berlangsung optimal, maka harus menggunakan media tanam yang tepat. Media tanam yang paling cocok untuk pertumbuhan bunga seruni sendiri antara lain pupuk kompos, tanah humus, dan juga sekam padi. Untuk menanam bunga seruni, Anda dapat mencampurkan dengan perbandingan 1:½  pemberian media tanam tanah humus dan pupuk kompos.

Buat Lubang Penanaman

Setelah media tanam dibuat, Anda bisa menanam bunga seruni langsung ke dalam pot. Caranya adalah dengan membuat lubang tanam terlebih dahulu. Setelah Memasukkan media tanam yang sudah dibuat dengan perbandingan tadi, buatlah lubang penanaman dengan kedalaman kurang lebih 3 cm. Lalu, tanam bibit bunga seruni ke dalam lubang kemudian Anda dapat menutupi bagian atasnya dengan sekam.

Pindahkan Tanaman yang Telah Bertunas ke Pot yang Lebih Besar

Anda juga dapat membuat Media tanam yang sudah dibuat sebagai tempat pembibitan bunga. Apabila bunga yang Anda tanam sudah besar dan menghasilkan tunas,  Anda dapat memindahkannya ke dalam pot yang lebih besar. Keluarkan bunga tersebut dari pot yang lama lalu pindahkan ke pot yang lebih besar. Jangan lupa untuk menambahkan media tanam pada ruang-ruang pot yang masih kosong.

Baca JugaSerba-Serbi Tanaman Lidah Mertua , Tanaman Hias Cantik Tak Seseram Namanya

Perawatan Tanaman Bunga Krisan

Setelah dipindahkan, Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik. Bunga krisan yang dirawat dengan baik tentunya akan menghasilkan bunga krisan cantik yang tumbuh dengan sehat. Dalam perawatan bunga krisan kurang lebih hampir sama dengan perawatan bunga yang lain. Metode perawatan bunga hias pada umumnya adalah teknik Pinching atau Anda juga dapat menggunakan teknik Disbudding

Teknik Pinching

Pinching adalah teknik memotong atau membuang pucuk yang tumbuh pada saat awal penanaman. Dan cara melakukan pinching pada tanaman krisan adalah sebagai berikut

  1. Anda dapat menggunakan gunting tanaman untuk memotong bagian tanaman. Potong dengan hati-hati dan  tidak melukai daun tanaman.
  2. Anda juga dapat memetik setengah kuncup yang mulai tumbuh. Petiklah pada bagian yang berisi kuncup bunga atau tangkai yang berdaun.
  3. Lakukan pinching sebanyak sekali dalam seminggu.

Teknik Disbudding

Disbudding adalah cara merawat bunga krisan dengan cara menyingkirkan bagian bunga yang tidak Anda inginkan. Hal ini dapat Anda lakukan untuk memperoleh bentuk sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot Mudah perawatan
Ilustrasi penyiraman krisan secara rutin

Lakukan Penyiraman Secara Rutin

Selain dengan kedua teknik tadi, yang perlu Anda perhatikan juga adalah penyiraman. Lakukan penyiraman secara rutin untuk menjaga kelembaban tanaman. Namun Anda perlu memperhatikan frekuensi dan kuantitas air yang diberikan. Siramlah bunga krisan secukupnya. Jangan siram bunga Anda sampai air menggenang. Karena hal tersebut justru akan membuat tanaman mati karena akar membusuk.

Siram tanaman pada pagi hari, dan jangan menyiramnya pada siang hari karena akan mengganggu proses fotosintesis. Siramlah pada bagian akar dan batang saja. Usahakan menghindari bagian daun. Akan lebih baik jika Anda sprayer. Jika curah hujan tinggi, Anda dapat menyiram nya pada saat cuaca menjadi lebih hangat. Menyiram Bunga Krisan secara merata dan teratur akan membuatnya memiliki akar yang kuat dan sehat. 

Cukupi Asupan Sinar Matahari

Agar Bunga Krisan yang Anda tanam  dapat berbunga indah, maka bunga tersebut harus mendapatkan  asupan sinar matahari yang cukup. Caranya adalah dengan meletakkan tanaman di bawah sinar matahari penuh selama kurang lebih 6 jam. Semakin banyak bunga Anda mendapatkan sinar matahari, maka bunga yang dihasilkan juga akan semakin banyak. Walaupun begitu, jangan letakkan tanaman di tempat panas terlalu lama. Hal tersebut dikarenakan akan membuat tanaman mati dan juga layu.

Berikan Pupuk secara Rutin

Selain air dan cahaya matahari, Bunga seruni juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Dengan nutrisi yang cukup akan menunjang pertumbuhannya. Anda dapat  melakukan pemupukan secara rutin setiap 1-2 bulan sekali. Gunakan pupuk organik dan hindari pupuk yang berbahan kimia agar pertumbuhannya maksimal 

Nah, itulah beberapa Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot Mudah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Dengan cara yang tepat dan perawatan rutin, Anda akan mendapatkan Bunga Krisan yang Cantik dan dapat memperindah rumah Anda. Selain itu, bunga krisan juga dapat mengurangipolutan yang ada di udara. Jadi, selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cantik di Ruangan, Ini Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot Mudah"