Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Merawat Sirih Gading Agar Tanaman Lebat dan Indah

 Beritawarganet - Cara Merawat Sirih Gading Agar Tanaman Lebat dan Indah  - Sirih gading adalah salah jenis tanaman hias yang populer dikalangan pecinta tanaman hias pada saat ini. Tanaman Sirih gading termasuk tanaman merambat semi-epifit atau menumpang pada tumbuhan yang lain. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Epipremnum auerum ini termasuk dalam suku talas-talasan.

Ciri sirih gading adalah memiliki daun berwarna hijau dengan belang kuning cerah hingga kuning pucat. Daunya berbentuk seperti jantung hati. Tanaman ini dapat merambat pada tanaman lain yang mempunyai batang lebih besar hingga menutupi batang pohon yang dirambatinya.

Cara Merawat Sirih Gading Agar Tanaman Lebat dan Indah
Sirih gading juga salah satu tanaman hias yang dapat menyerpa polutan

Panjang Tanaman sirih gading bisa mencapai belasan meter dan tebal batang 4 cm. Namun, jika ditanam di dalam pot, tanaman ini mempunyai ukuran daun yang lebih kecil. Bagi pecinta tanaman hias, Sirih gading dianggap sebagai tanaman yang tepat untuk mulai menekuni dunia tanaman hias. Hal ini dikarenakan perawatannya mudah.

Hadirnya warna hijau yang dimiliki oleh tumbuhan dalam ruangan memang akan memberikan kesan yang nyaman dan asri. Tanaman saat ini sangat populer menjadi salah satu dekorasi rumah, baik dekorasi dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Baca Juga : Membawa Kesejukan Alam Ke Dalam Rumah Dengan Palem Bambu

Cara menanam daun sirih gading

Menanam daun sirih gading tidak terlalu sulit. Warganet hanya perlu menyediakan benih atau calon tanaman serta media tanam yang cocok. Dan sebagai tanaman yang mudah untuk ditanam dan dipelihara. Tentunya membuat warganet tertarik untuk menanam sendiri bukan? Berikut ini adalah cara menanam daun sirih gading yang dirangkum dari berbagai sumber.

Media tanam

Selain ditanam pada media tanah, Sirih gading juga sangat populer karena dapat ditanam di dalam air. Namun yang perlu diperhatikan adalah  stek sirih gading yang dimulai ditanam pada satu media tanam akan mengalami kesulitan ketika beralih ke media tanam yang lain. Jadi, tanaman sirih gading yang ditanam di tanah akan sulit berkembang jika dipindahkan ke air,begitupun sebaliknya.

Jika warganet akan menanam sirih gading pada media tanah, warganet perlu menyiapkan kompos, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 kompos dan sekam bakar, sedangkan untuk  pupuk kandang warganet cukup menambahkannya seperempat saja.

Memperbanyak tanaman sirih gading

Tanaman termasuk mudah untuk diperbanya, hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki usia yang panjang . Selain itu, tanaman ini juga dapat bertahan terhadap cahaya matahari baik yang terlalu banyak maupun dengan intensitas yang terlalu sedikit. Untuk memperbanyak tanaman daun sirih gading, warganet dapat menggunakan cara stek daun atau akar daun-tunas atau juga dengan cara stek di ujung batang.

Baca Juga : Punya Bunga Peace Lily dirumah? Begini Cara Merawatnya

Cara menanam sirih gading

Sirih gading juga sering ditanam pada media pot sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Jika warganet ingin menanam tanaman sirih gading didalam pot, Berikut ini adalah Caranya

  1. Siapkan pot yang digunakan sebagai tempat menanam daun sirih gading.
  2. Isi pot dengan media tanah yang akan digunakan berupa campuran tanah kebun, kompos, sekam, pupuk kandang dan pasir aduk media tanah secara merata.
  3. Setelah itu, potong batang sirih gading yang berasal dari tanaman induk dengan panjang kurang lebih 15 cm
  4. Tancapkan potongan batang sirih gading kedalam media tanam yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  5. Siram tanaman dengan air secukupnya
  6. Tempatkan di area yang agak teduh dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Perawatan Sirih Gading

Sirih Gading
Sirih Gading

Setelah warganet menanam tanaman sirih  gading di dalam pot, yang harus dilakukan selanjutnya adalah merawat tanaman sirih gading agar daunnya lebat dan indah. Merawat daun sirih gading sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi tanaman ini sulit untuk mati dan memiliki umur yang cukup panjang. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman sirih gading.

Pencahayaan

Sirih gading dapat tumbuh dengan baik dalam cahaya yang terang maupun cahaya redup. Bahkan Sirih gading dapat diletakkan di kamar mandi atau ruang tamu, hal ini karena tanaman ini  dapat mentolerir cahaya redup. Akan tetapi, meskipun sirih gading menyukai berbagai kondisi cahaya, tanaman ini tidak tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari secara langsung. Sehingga langkah yang paling tepa untuk menanam sirih gading didalam ruangan adalah dengan meletakknanya pot pada lokasi yang terkena sinar matahari, misal dekat jendela. Suhu di tempat yang banyak paparan cahaya matahari akan membuat sirih gading tetap hangat.

Baca Juga : Bunga Gerbera Bunga Potong yang Ramai Peminatnya

Siram secukupnya di pagi hari.

Cara yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah penyiraman yang dilakukan sekali sehari di saat pagi secara rutin. Hindari penyiraman pada sore hari, hal ini akan membuat tabnah lembap dan tanaman gampang membusuk. Lakukan penyiraman ini pada bagian tanah agar air terserap oleh akar dan batang tanaman.

Potong tanaman.

Tampilan sirih gading yang suka menjalar ke bawah pada satu sisi sangat indah namun di satu sisi lainnya akan membuat interior ruangan berantakan. Apalagi jikalau tanaman layu, batang menghitam, daun dengan bercak putih, atau hal lainnya, warganet dapat memotong bagian yang sekiranya perlu untuk dipotong tersebut.

Pemupukan

Pemupukan adalah hal yang penting dalam perawatan tanaman hias, hal ini berlaku juga untuk tanaman sirih gading. Pupuk yang paling baik adalah pupuk alami ataupun pupuk kandang yang dihasilkan oleh kotoran hewan. Namun jika tidak ada, warganet dapat menggunakan pupuk NPK dengan cara mencampurkannya dengan media tanama setiap sebulan sekali. Namun perlu diingat untuk menggunakannya sesuai petunjuk pemakaian dan jangan terlalu berlebihan. Pemakaian pupuk yang berlebihan justru dapat membuat tanaman mati.

Baca Juga : Tanaman Pakis Boston, Pakis Modis Untuk Dekorasi Rumah

Manfaat Tanaman Sirih Gading

Selain dapat digunakan sebagai tanaman hias, daun sirih gading juga mempunyai berbagai manfaat. Salah satunya adalah dapat menyerap racun yang ada di udara. Gas karbon monoksida dan formaldehida yang ada di udara bebas dapat diserap daun sirih gading.  Meskipun begitu, ada hal yang harus dicatat daun sirih gading bisa meracuni hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.Hewan peliharaan yang ada di rumah harus dijaga agar tidak mengkonsumsi daun sirih gading.

Tanaman yang memiliki julukan golden pothos, devil’s vine, atau devil’s ivy, memiliki beragam manfaat seperti mempercantik ruangan ataupun rumah. Selain itu juga dapat bermanfaat untuk menyerap polutan yang ada di udara.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Sirih Gading Agar Tanaman Lebat dan Indah"