Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fenomena astronomi paling ditunggu di tahun 2021, Penampakan Merkurius dan Bulan Berdarah di langit.

Berita Warganet - Langit memang menyimpan misteri yang tiada batas bagi manusia. Tak ada habisnya jika kita menantikan berbagai fenomena yang dapat kita lihat di langit. Dan jika Anda adalah salah satu penggemar lukisan Tuhan yang ditampilkan lewat langit malam maka anda perlu mencatat Fenomena astronomi paling ditunggu di tahun 2021, mulai  Penampakan Merkurius sampai dengan Bulan Berdarah di wilayah Pasifik. Keindahan ini tak bisa dilewatkan begitu saja.

Anda akan dapat melihat planet yang jarang tampak, galaksi terdekat dari bumi, gerhana bulan total, konjungsi, sampai dengan peluncuran teleskop luar angkasa baru, yang akan memungkinkan para antariksawan untuk melihat alam semesta dengan alat yang baru ini. Jika Anda malas mencatat Anda dapat bookmark halaman ini dii Ponsel ataupun Browser Laptop Anda.

Fenomena astronomi paling ditunggu di tahun 2021

1.   Penampakan Planet Merkurius

Merkurius adalah planet terkecil dan merupakan planet pertama dalam susuna Tata Surya kita.  Dan Jika Anda belum pernah melihat Merkurius, maka Anda perlu mencatat fenomena astronomi yang akan hadir didepan mata Anda pada tanggal 24 Januari. Ini adaalah jadi kesempatan terbaik Anda menyaksikan keindahan dari Planet Merkurius yang akan tampak di cakrawala dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Dan akan lebih baik lagi jika Anda menyaksikannya dengan teleskop.

Penampakan Planet Merkurius , Fenomena astronomi paling ditunggu di tahun 2021
Sumber: noname-universe.blogspot.com

Merkurius membutuhkan waktu 88 hari untuk mengelilingi matahari. Anda akan sangat jarang melihat planet terkecil ini karena biasanya Merkurius akan tersembunyi atau terhalang cahaya matahari. Namun, pada tanggal 24 Januari nanti, Merkurius akan berada dalam fase separuh yang disebut dikotomi, dan hanya 50%  dari planet ini yang akan disinari matahari. Jadi pada tanggal tersebutlah Anda memiliki kesempatan terbaik untuk melihatnya di awal tahun 2021ini. Catat!

2. Terlihatnya Gugus bintang Pleiades 

Gugus bintang Pleiades juga dikenal sebagai "Tujuh Saudari" adalah peristiwa astronomi yang boleh Anda tunggu keharidarnnya. Idealnya sekitar tanggal 11 Februari Anda akan melihat benda langit yang samar-samar ketika muncul Bulan Baru. Gugus Bintang yang juga dikenal dengan nama "Tsuraya" ini adalah salah satu gugusan bintang yang indah. Di Jawa sendiri gugus bintang ini dikaitkan dengan legenda jaka tarub dan tujuh bidadari . Gugus bintang ini juga memiliki cahaya yang terang sehingga Anda akan dapat menemukannya denga mudah walaupun Anda berada di wilayah perkotaan. Namun tentunya, Anda harus mengetahui letaknya. Maka, arahkan pandangan Anda kea rah selatan tepat setelah matahari terbenam.

Ilustrasi : Gugus Bintang Pleiades, Rasi  Bintang Taurus
Sumber : zetizen.radarcirebon.com

Bahkan, Jika Anda beruntung, Anda juga dapat menemukan Galaksi Andromeda yang merupakann galaksi terbesar dan terdekat dari Bimasakti.  Namun, Anda harus berada di tempat tanpa polusi cahaya untuk dapat melihat Andromeda dengan mata telanjang, tepat setelah matahari terbenam di arah barat.

3. Pendaratan Misi Tianwen-1 dan Perseverance di Mars

Fenomena astronomi paling ditunggu di tahun 2021 berikutnya adalah Pendaratan Robot Rover penjelajah Mars. Tahun ini kita dapat menyaksikan tidak hanya satu, namun dua misi pendaratan di Planet  Mars. Dua penjelajahan ini terpisah  yaitu Pendaratan Robot Rover Perseverance didampingi Helikopter bernama Ingenuity milik NASA pada tanggal 18 Februari. Robot ini dilengkapi dengan banyak kamera untuk merekam pendaratan yang rumit serta dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk mempelajari tanah Mars. Rencananya, Perseverance di daratkan di planet merah untuk mencari tanda-tanda bentuk kehidupan di masa lalu atau masa kini, dan menguji teknologi baru untuk misi berawak di masa depan.

Perseverance, NASA siap menjelajah Mars
Sumber : newscientist.com

Tak hanya NASA, Dan pada bulan April, robot pendarat dan penjelajah Tianwen-1 milik China juga akan bergabung untuk menjelajah planet Mars. Misinya yang diusung robot ini adalah mencari kantong air di bawah permukaan dan meletakkan fondasi untuk misi pengembalian sampel ke Bumi di masa depan. Badan Luar Angkasa Nasional China akan menjadi badan antariksa kedua setelah NASA yang mendaratkan misi di Mars.

4. Waktu terbaik mengamati Venus

Tanggal 29 Maret 2021 adalah waktu terbaik bagi Anda untuk melihat Kembaran Bumi ini. Planet ini akan bersinar dengan terang sesaat setelah Matahari tenggelam di cakrawala. Anda tentunya tidak akan melewatkan kesempatan untuk membuktikan julukan bintang kejora yang dimiliki planet ini. Pada 29 Maret nanti, planet venus akan bersinar begitu terang setelah Matahari terbenam.

Ilustrasi : Venus dan Bulan dari bumi
Sumber : pixabay.com

Venus akan menjadi benda langit dengan sinar paling terang ketiga setelah Matahari dan Bulan. Anda akan melihat planet venus yang tampak seperti bintang terang berwarna putih kekuningan yang tidak berkelap-kelip di malam itu, Jadi catat tanggalnya ya!

5. Supermoon

Bulan april 2021 Anda akan kembali disajikan dengan pemandangan bulan yang sangat menarik yaitu Supermoon. Bulan sendiri selalu mengalami fase supermoon di awal tahun. Tahun ini puncaknya akan terjadi pada 26 hingga 27 April 2021. Pada hari tersebut, Bulan tersebut akan tampak begitu bulat dan bersinar terang.

Gambar: Supermoon 2020 Indonesia
Sumber: detik.net.id

Peristiwa ini terjadi dikarenakan jalur orbit Bulan yang berbentuk elips. Dan ketika satelit alami Bumi ini berada di jarak terdekatnya dengan Bumi, Bulan akan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya. Fenomena astronomi paling ditunggu di tahun 2021 ini tak boleh dilewatkan ya!

6. Hujan Meteor

Setiap tahun, Anda dapat menyaksikan beberapa hujan meteor yang merupakan pemandangan yang akan membuat Anda berdecak kagum. Fenomena ini dapat terjadi pada saat Bumi menempuh jalur orbitnya.  Pada saat itulah Bumi melewati awan debu yang ditinggalkan oleh berbagai komet dan asteroid di Tata Surya. Anda dapat melihat pemandangan yang luar biasa ini lewat tengah malam dan tempat terbaik untuk meilhatnya adalahu tempat dengan polusi cahaya sesedikit mungkin.

Ilustrasi : Hujan meteor di langit
Sumber : suryakepri.com

"Pada 4 Mei, hujan meteor Eta Aquarid akan mencapai puncaknya, yang merupakan satu dari dua hujan meteor yang dihasilkan oleh Komet Halley yang terkenal," kata Brown. Hujan meteor berikutnya adalah Perseid  yang terjadi pada tanggal 11 Agustus. Namun untuk menyaksikan penampakan hujan meteor terbaik di tahun 2021 Anda dapat  menunggu hingga akhir tahun.

7. Gerhana Bulan Total

Pada tanggal 26 Mei, Bulan akan terhalang oleh umbra gelap Bumi, tepatnya sekitar pukul 16.45 hingga 19.52 WIB bulan akan tertutup bayangan bumi. Indonesia adalah salah satu wilayah yang beruntung karena bisa menyaksikannya dengan cukup jelas. Lingkar pasifik atau wilayah geografis yang mengelilingi Samudra Pasifik akan dapat menyaksikan gerhana bulan total ini secara maksimal.

Gambar : Gerhana Bulan Total
Sumber : brilio.net

Saat memasuki bayangan umbra Bumi, Bulan tidak akan tampak berbeda daripada biasanya. Pemandangan menarik akan terlihat ketika Bulan mulai memasuki penumbra, Bulan akan tampak berwarna kemerahan. Hal Itulah yang menyebabkan peristiwa ini sering disebut sebagai "Bulan berdarah".

Sebernarnya pada tanggal 10 Juni 2021, akan terjadi fenomena Gerhana Matahari Total. Sayangnya, Indonesia tidak dilewati oleh jalur gerhana sehingga Anda tidak akan bisa menyaksikannya secara langsung kecuali datang ke wilayah belahan utara bumi, seperti Kanada, Rusia, dan Greenland. Sementara wilayah-wilayah di sekitarnya dapat menyaksikan gerhana Matahari sebagian.

8. Puncak hujan meteor Perseid

Seperti yang disebutkan sebelumhya, pada 13 Agustus 2021Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan kembang api Angkasa. Pada tanggal tersebut Anda akan dapat melihat salah satu hujan meteor yang paling dinantikan setiap tahunnya.

Gambar: Hujan Meteor Perseid
Sumber: voi.id

Hujan Meteror Perseid memang ditunggu tunggu, hal ini dikarenakan pada puncaknya, ia akan menyuguhkan pemandangan bintang jatuh 75 hingga 100 meteor per jamnya. Menurut perkiraan, pada saat itu langit akan tampak gelap sehingga hujan meteor dapat dilihat dengan jelas di seluruh belahan dunia kok.

9. Venus di titik elongasi terbesar.

Ternyata, tidak hanya di bulan Maret, Anda akan dapat mengamati venus dengan jelas. Sekitar tanggal 19 hingga 29 Oktober 2021Anda juga dapat mengamati planet tersebut dengan jelas. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut, Venus berada di titik elongasi terbesarnya.

Ilustrasi : Venus dan Bulan dari bumi
Sumber : pixabay.com

Peristiwa ini merupakan waktu di mana sebuah benda langit menempati titik terjauh dengan Matahari. Sebagai dampaknya, planet tersebut akan muncul seperti bintang yang bersinar terang di langit sore setelah Matahari terbenam.

10. Puncak hujan meteor Geminid

Dan sebagai penutup Fenomena astronomi paling ditunggu di tahun 2021bulan Desember nanti, Anda dapat menyaksikan puncak hujan meteor Geminid. Hujan meteor ini akan terjadi pada sekitar tanggal 13-14 Desember 2021.Anda akan dapat  menyaksikan 120 meteor per jamnya. Dan ini merupakan hujan meteor terbesar sepanjang tahun

Gambar : Ilustrasi Hujan Meteor geminind
Sumber: ilmugeografi.com

Anda tidak perlu menggunakan teleskop untuk melihat fenomena alam hujan Meteor Geminind. Cukup keluar pada malam hari, dan akan lebih baik lagi Anda berada di tempat dengan sedikit polusi cahaya. Ketika peristiwa ini terjadi, langit akan tampak sangat ramai dengan garis-garis jalur meteor.

Itulah Fenomena astronomi paling ditunggu di tahun 2021, dari penampakan Merkurius di bulan Januari sampai dengan Puncak hujan meteor Geminid di bulan Desember. Akan lebih baik lagi jika Anda menyaksikan fenomena alam di tempat yang memang masih memiliki sedikit polusi cahaya sehingga dapat melihat dengan jelas. Agar tidak lupa, catat tanggalnya dan susun jadwalnya.

Posting Komentar untuk "Fenomena astronomi paling ditunggu di tahun 2021, Penampakan Merkurius dan Bulan Berdarah di langit."