Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Punya Dirumah? Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun, Bikin Sehat Dan Tetap Kece Di Ruangan

BeritawarganetMerawat tanaman hias akhir-akhir ini menjadi hobby yang semakin digemari masyarakat. Tanaman bisa mempercantik interior dan eksterior rumah yang indah. Namun, selain menjadi hiasan yang indah, ternyata banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan merawat tanaman hias. Manfaat tanaman hias yang masih belum banyak diketahui adalah kemampuan untuk menyerap toxin atau racun yang ada di udara. Kali ini kami akan membagikan beberapa Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun, Bikin Sehat Dan Tetap Kece yang bisa dipajang di rumah Anda.

Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun yang ampuh segarkan udara
Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun yang ampuh segarkan udara
Bagi Anda yang tinggal di lingkungan perkotaan tentunya memiliki masalah yang sering kali tidak terlihat yaitu kualitas udara yang kurang baik. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan tanaman-tanaman hias yang mampu menyegarkan udara di sekitar rumah serta membersihkan polutan dan bakteri tidak sehat yang ada di udara.

Manfaat Tanaman Hias Anti Racun

Menurut penelitian, tanaman menghilangkan hingga 87% senyawa organik yang mudah menguap dalam satu siklus hari. Kualitas udara dalam ruangan adalah salah satu dari lima risiko teratas bagi kesehatan masyarakat, jadi menggunakan tanaman ini dapat meningkatkan kualitas Anda dan keluarga. Selain itu, tanaman menambah kelembapan udara untuk membantu kondisi pernapasan sebagai hasil dari pelepasan uap air dalam jumlah besar. Menariknya, tanaman melepaskan sekitar 97% air yang mereka serap. Fakta yang tak kalah menarik adalah tanaman dapat meningkatkan kadar oksigen dan menyegarkan udara di malam hari, membuat pernapasan lebih mudah.

Manfaat tanaman detoksifikasi tidak hanya itu loh, beberapa tanaman juga dikenal karena meningkatkan laju penyembuhan pasien medis. Tanaman tersebut dikaitkan dengan pasien yang memiliki tekanan darah rendah dan detak jantung serta gejala mirip flu yang berkurang seperti sakit kepala dan sakit tenggorokan.

Nah gimana? Tentunya beberapa manfaat tersebut sudah tidak sabar lagi dihadirkan di ruangan rumah Anda bukan? Berikut ini adalah beberapa tanaman yang dapat dipertimbangkan untuk digunakan selain untuk memperindah ruangan juga mampu mendetoksifikasi udara di sekitarnya. Beberapa tanaman tersebut antara lain

8 Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun udara rumah yang ampuh segarkan udara.

1. Bunga Krisan (Chrysanthemum)

Kita juga mengenal bunga ini dengan nama Bunga Seruni. Bunga Krisan adalah bunga warna-warni yang cantik dan wangi. Bunga Krisan memiliki beragam warna yang indah seperti merah, kuning, ungu, putih dan oranye.

Bunga Krisan (Chrysanthemum) Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun
Bunga Krisan (Chrysanthemum)

Karena keindahannya bunga Krisan ini cocok ditempatkan sebagai tanaman hias baik di dalam rumah ataupun area taman. Selain indah, ternyata, bunga Krisan atau Seruni mempunyai kemampuan untuk menyerap berbagai zat berbahaya seperti benzena, formalin atau formaldehyde, amonia, dan xylene. 

Baca JugaCantik di Ruangan, Ini Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot Mudah

2. Lidah Mertua (Sansevieria)

Lidah mertua memiliki nama Latin Sansevieria . Ternyata tanaman ini juga memiliki banyak nama loh, seperti pedang pedangan, dan beberapa nama yang dimiliki seperti nake plant, snake tongue atau  devil’s tongue.

Lidah Mertua (Sansevieria) Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun
Lidah Mertua (Sansevieria)
Berdasarkan penelitian NASA pada tahun 1999, diketahui bahwa tanaman ini dapat menyerap berbagai racun seperti formaldehid, benzena dan trikhloroetana, formaldehida, trichloroethylene dan toluene dari udara

Anda akan dapat memperoleh kualitas tidur yang lebih baik ketika Anda menaruh tanaman hias Lidah Mertua ini di kamar. Tanaman hias  ini akan mengeluarkan oksigen di malam hari sekaligus membersihkan racun yang ada di udara kamar Anda.

Baca JugaTanaman Lidah Mertua , Tanaman Hias Cantik Tak Seseram Namanya

3. Palem Bambu (Chamaedorea Sefrizii)

Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun berikutnya adalah Palem bambu, jenis tanaman tropis yang berasal dari kawasan Meksiko dan Amerika Tengah . Hal ini menyebabkan tanaman ini mudah dikembangbiakan di Indonesia. Namun, Tanaman hias ini memerlukan cahaya terang untuk tumbuh subur di area lembab, namun, Anda juga perlu menjaga agar tidak terlalu banyak disirami air. 

Palem Bambu (Chamaedorea Sefrizii) Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun
Palem Bambu (Chamaedorea Sefrizii)
Tanaman Palem Bambu mampu menyerap racun berbahaya yang keluar dari cat rumah seperti benzene, formalin dan trichloroethylene. Nah, agar Palem Bambu dapat menyerap racun secara maksimal, Anda dapat menempatkan tanaman ini di dekat dinding atau sudut ruangan. Dan perlu Anda ingat tanaman ini juga seirng mengundang laba-laba atau serangga. Anda dapat menyemprotkan cairan pestisida secara berkala untuk mengatasinya.

Baca Juga : Membawa Kesejukan Alam Ke Dalam Rumah Dengan Palem Bambu

4. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah Buaya atau Aloe Vera dikenal manfaat kesehatan yang biasanya digunakan untuk perawatan rambut dan juga wajah. Namun, karena perawatan yang mudah, karena tidak memerlukan banyak air dan cahaya matahari, Lidah Buaya akan sangat cocok dijadikan tanaman hias yang cantik di rumah Anda.

Lidah Buaya (Aloe Vera) Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun
Lidah Buaya (Aloe Vera)
Apalagi ditambah dengan kemampuannya dalam menyaring polutan yang ada di udara. Lidah buaya dapat menyerap bahan kimia di udara. Lidah buaya mampu membersihkan udara dari formaldehyde dan benzol. Sangat bermanfaat ternyata Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun yang satu ini!

Baca JugaApa manfaat lidah buaya bagi kesehatan? Yuk disimak ulasannya

5. Bunga Peace Lily (Spathiphyllum)

Bunga Peace Lily  sering kita temukan sebagai penghias ruangan yang sangat cantik. Jika Anda berniat merawat tanaman hias ini, Anda tidak . akan terlalu direpotkan. Anda hanya perlu menempatkannya pada tempat yang pas karena perlu cahaya dan kelembaban tinggi untuk tumbuh subur. Dan sering disemprot dengan air hangat.

Bunga Peace Lily (Spathiphyllum)
Bunga Peace Lily (Spathiphyllum)

Bunga Peace Lily juga terkenal sebagai Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun yang mampu menghilangkan dan menyerap zat-zat berbahaya benzena formaldehyde, trichloroethylene, toluena, dan xilena di udara.

Baca Juga : Punya bunga Peace Lily dirumah? Begini cara merawatnya

6. Hebras (Gerber Daisy – Gerbera Jamesonii)

Masyarakat Indonesia umumnya menyebut bunga ini sebagai gebras atau hebras. Bunga ini merupakan salah satu bunga yang berasal dari Afrika Selatan, Afrika Utara dan Rusia. Bunga cantik memiliki kemampuan untuk menyerap racun seperti trichloroethylene yang biasanya muncul dari produk sabun cuci

Hebras (Gerber Daisy – Gerbera Jamesonii)
Hebras (Gerber Daisy – Gerbera Jamesonii)

Bunga ini dapat ditempatkan di dapur atau dekat kamar mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menyerap racun. Bunga ini juga akan membuat udara lebih bersih dan segar.

Baca Juga : Bunga Gerbera Bunga Potong yang Ramai Peminatnya

7. Pakis Boston (Nephrolepis Exaltata)

Pakis Boston yang juga memiliki nama Pakis Pedang adalah jenis tanaman yang tidak tahan panas. Walaupun begitu, tanaman ini menyimpan banyak cadangan air, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Pakis ini memiliki ciri yang sangat mudah Anda kenali. Tiap helai daunnya memiliki beberapa helaian lagi yang tampak seperti jumbai-jumbai

Pakis Boston (Nephrolepis Exaltata)
Pakis Boston (Nephrolepis Exaltata)

Menurut penelitian, Tanaman hias yang masih satu keluarga dengan suplir ini memiliki kemampuan melembapkan udara yang ada disekitarnya sehingga akan membuat udara jauh lebih segar. Pakis Boston menggunakan stomata yang dimilikinya sebagai penyedot polutan seperti formaldehid dan xylene, dan mengubahnya menjadi zat bermanfaat.

8. Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Berbeda dengan sirih yang biasa kita kenal ya, walaupun memiliki nama sirih. Sirih gading adalah tanaman hias daun yang sering kita jumpai dan mempercantik ruangan. Tanaman dengan nama Latin Epipremnum aureum ini, memiliki nama asing yang cukup keren yaitu devils’s ivy  atau golden photos.

Sirih Gading (Epipremnum aureum)
Sirih Gading (Epipremnum aureum)
Tanaman ini memiliki harga yang cukup murah. Selain itu juga mudah untuk mendapatkannya di pusat penjualan tanaman hias. Walaupun murah dan mudah didapatkan, namun manfaatnya tidak bisa disepelekan. Tanaman ini bermanfaat untuk menyerap formaldehida atau formalin dari udara di sekitar rumah.

Nah, itulah beberapa tanaman yang dapat Anda pilih sebagai Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun. Polusi udara saat ini tidak hanya mengancam kesehatan saat kita di luar ruangan, namun juga di dalam rumah. Beberapa polutan berbahaya seperti Formaldehyde, volatile organis compunds, karbon monoksida, nitrogen oksida, pestisida dan desinfektan adalah polutan yang banyak terdapat di dalam rumah.  Polutan ini dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti alergi, sakit kepala, mudah lelah, kanker bahkan kematian. Oleh karenanya Anda dapat memanfaatkan tanaman tersebut untuk kesehatan Anda di rumah sekaligus mempercantik tampilan rumah Anda. Semoga bermanfaat

 

Posting Komentar untuk "Punya Dirumah? Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun, Bikin Sehat Dan Tetap Kece Di Ruangan"