Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Membawa Kesejukan Alam Ke Dalam Rumah Dengan Palem Bambu

Beritawarganet - Ruangan dengan desain yang unik dan sejuk memang menjadi idaman setiap orang. Dan saat ini kesan minimalis, sejuk, dan natural memang sedang menjadi tren dalam masyarakat. Untuk mendapatkan design interior yang natural warganet dapat mempercantik rumah dengan tanaman hias, Ada banyak sekali jenis tanaman yang dapat Warganet pilih. Namun, kebanyakan tanaman tersebut membutuhkan cahaya matahari dan perawatan ekstra agar dapat berkembang dengan baik. Dan jika warganet menginginkan tanaman yang mudah dalam perawatannya, warganet dapat mempertimbangkan Palem Bambu sebagai tanaman hias dalam ruangan. 

Membawa Kesejukan Alam Ke Dalam Rumah Dengan Palem Bambu
Palem Bambu (Chamaedorea seifrizii)
Mengapa palem bambu? Palem bambu yng memiliki nama latin Chamaedorea seifrizii memang agak berbeda dengan kebanyakan tanaman hias yang lain. Palem bambu adalah tanaman hias yang dapat tumbuh bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Selain itu, palem bambu juga termasuk mudah dalam perawatannya. Dengan bentuknya yang elegan, Tanaman ini sangat mudah untuk dipadukan dengan tanaman hias lain yang ada di taman.

Palem bambu atau komodoria adalah salah satu tanaman hias yang populer. Warganet dapat dengan mudah menemukan tanaman ini pada penjual tanaman hias. Tanaman hias ini sangat cocok untuk digunakan sebagai dekorasi dalam ruangan karena dengan intensitas cahaya yang rendah pun tanaman ini dapat hidup dengan baik. Palem bambu juga mampu bertahan dalam waktu yang lama bahkan sampai puluhan tahun. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 12 kaki. namun umumnya kita menjumpai tanaman palem bambu memiliki rentang tinggi antara 3 sampai 5 kaki. Palem bambu memiliki bentuk khas yang indah. Sehingga tak heran warganet sering menjumpai tanaman ini digunakan pada dekorasi seperti pada dekorasi pernikahan atau dekorasi ruangan. 

Manfaat Pohon Palem Bambu yang Perlu Diketahui

Selain digunakan sebagai dekorasi yang indah, ternyata tanaman palem bambu juga memiliki manfaat yang tidak bisa diabaikan. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menetralisir polusi udara yang ada dalam ruangan. Sehingga jika warganet menggunakan tanaman palem bambu, selain akan mempercantik ruangan, tanaman ini akan menghadirkan nuansa kesejukan alam dalam ruangan dan sekaligus membersihkan udara yang ada di dalamnya. 

Baca Juga: Punya Dirumah? Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun, Bikin Sehat Dan Tetap Kece Di Ruangan

Tanaman hias satu ini memang  kebanyakan ditempatkan di dalam ruangan. Banyak orang yang percaya bahwa pohon palem bambu mampu menangkal dinginnya AC. Udara yang dihasilkan AC memang kadang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan akan membuat badan tidak sehat. Dengan menggunakan pohon palem bambu, hawa dingin yang dihasilkan AC akan sedikit terkontrol dan juga kualitas udara AC akan menjadi lebih sehat.

Cara Menanam Komodoria

Kini rumah-rumah dengan konsep modern banyak yang menanam tanaman hias yang satu ini.  Karena Pohon palem bambu sendiri adalah tanaman yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, warganet dapat menempatkannya di berbagai media tanam. Secara umum memang pemeliharaan jenis palem tidaklah sulit, tidak perlu ada perawatan rutin setiap hari. Pohon palem bambu memiliki bentuk akar yang kuat, sehingga bisa hidup dalam waktu lama. Pohon ini juga memiliki struktur daun yang kuat, hal ini membuat tanaman ini mudah layu dan rontok sehingga menjadi sampah yang harus dibersihkan. tentunya akan membuat warganet tidak terlalu lelah juga dalam merawat tanaman ini.

Cara Menanam Komodoria atau Palem Bambu
Ilustrasi : Palem Bambu dapat membersihkan udara dalam ruangan
Untuk memelihara Bambu Palem di dalam ruangan relatif mudah. Jika Warganet ingin mulai menanam palem bambu di rumah. Ada tips yang dapat warganet gunakan untuk menanam komodoria.  beberapa tips tersebut adalah

Memilih Benih atau Bibit Yang Baik

Langkah paling awal pada penanaman Komodoria adalah memilih benih atau bibit yang baik dan berkualitas. Untuk memastikannya, Warganet dapat memastikannya dengan melihat batang tanaman komodoria kokoh. Patikan juga komodoria yang dipilih memiliki daun rimbun dengan warnanya cerah dan terkesan segar. Dan terakhir adalah memastikan bahwa bibit tersebut memiliki karakteristik akar yang kuat dan jumlahnya banyak. 

Mempersiapkan Media untuk Menanam

Setelah Warganet membeli benih atau bibit Komodoria yang berkualitas untuk ditanam. Tahap selanjutnya mempersiapkan media untuk menanam bibit tersebut. Warganet dapat menanam pada pot atau langsung ditanam di  tanah. Setelah ditanam di dalam pot, tempatkan komodoria di lokasi yang diinginkan. Tanaman palem sendiri adalah jenis tumbuhan yang dapat hidup di mana saja. Dari lahan pertanian yang subur sampai lahan yang gersang pun dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu tanaman merupakan tanaman yang direkomendasikan bagi pemula yang ingin berkebun. Yang perlu diperhatikan adalah tempatkan palem bambu di lokasi yang teduh dan tidak menerima cahaya matahari secara langsung.  

Baca Juga: Cantik di Ruangan, Ini Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Pot Mudah

Perawatan Pohon Palem Bambu

Setiap tanaman tentunya perawatan yang berbeda. Begitu juga dengan Komodoria. Namun seperti yang dijelaskan diatas. Untuk merawat tanaman ini tidaklah sulit. Warganet cukup menyiram tanaman ini secara rutin, memberikan pupuk, memotong cabang dan mengendalikan hama. Kok banyak perawatannya? Tenang saja, perawatan tanaman ini mudah kok. 

Untuk penyiraman, Warganet dapat menyirami tanaman dengan menggunakan air bersih. Waktu yang tepat untuk menyirami tanaman ini adalah ketika permukaan tanah terasa kering. Siram tanaman sampai tanah merata lembab, yang perlu diperhatikan adalah jangan menyirami tanaman palem bambu hingga terendam air. Dan juga sering-seringlah memeriksa kondisi tanah untuk memastikan bahwa media tanam tanaman tersebut cukup air.Pemberian pupuk juga penting untuk dilakukan agar tanaman tetap subur dan indah. Setiap 2 pekan atau minimal 1 bulan, Warganet dapat menuangkan pupuk ke dalam pot. Pastikan tanaman tidak kekurangan air pada saat proses pemupukan. 

Baca Juga: Serba-Serbi Tanaman Lidah Mertua , Tanaman Hias Cantik Tak Seseram Namanya

Pada saat-saat tertentu, ada baiknya warganet memangkas ujung cabang yang lebat agar dapat merangsang pertumbuhannya. dan juga menyingkirkan daun yang berwarna kecoklatan secara teratur. Jika palem bambu sudah terlalu besar untuk wadahnya, Warganet dapat menempatkan tanaman tersebut pada wadah yang baru atau memindahkannya ke taman atau halaman rumah dan mengganti tanaman tersebut dengan tanaman yang baru.

Pohon palem bambu adalah salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer. Untuk merawat pohon palem bambu tergolong mudah. Karena keindahan dan keanggunannya, maka tak heran  jika Harga palem bambu komodoria cukup tinggi dipasaran. Bahkan untuk tanaman komodoria rimbun dengan tinggi 4 meter harganya bisa mencapai 1 juta. Bagaimana tertarik untuk membawa nuansa kesejukan alam di rumah?

Posting Komentar untuk "Membawa Kesejukan Alam Ke Dalam Rumah Dengan Palem Bambu"