Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tanaman monstera Yang Lagi Hits, Jenis jenis, cara menanam dan perawatannya

Beritawarganet - Janda bolong atau tanaman monstera menjadi tanaman yang sedang hits pada saat ini. Yang menghebohkan adalah harga tanaman ini bahkan dapat mencapai ratusan juta di pasaran. Janda bolong adalah tanaman yang biasa ditanam sebagai hiasan dan berasal dari jenis Monstera. Tanaman ini dinamankan monstera tidak lain dikarenakan ukuran daunnya yang besar dan berwarna hijau.  Nama ini diambil dari bahasa Latin “monstrou” yang berarti “tidak normal’. Tanaman hias ini dapat dibedakan dari bentuk daun yang tidak normal dengan lubang alami yang terdapat pada daun.

Tanaman monstera

Tanaman monstera ini adalah taman yang berasal dari belantara hutan tropis di daerah selatan Meksiko sampai dengan selatan Panama. Tanaman ini dapat memberikan kesan segar dan mewah sehingga sering dimanfaatkan sebagau pelengkap desain interior ruangan. Namun selain itu, tanaman ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara dari oksigen yang diproduksi bahkan pada saat malam hari. 

Tak mengherankan jika Monstera ini adalah tanaman hias tropis yang indah jika ditanam sebagai tanaman indoor maupun outdoor. Tanaman ini memiliki sekitar 48 spesies, namun di Indonesia sendiri hanya ada beberapa jenis saja yang populer dan sering dijumpai sebagai tanaman hias di rumah. 

Baca juga : Macam macam Tanaman Hias sedang Hits untuk Interior! Ini 13 Daftarnya

Ragam Jenis Tanaman Hias Monstera

Apa sih sebenarnya yang menjadikan tanaman hias satu ini membuat para pecinta tanaman hias rela merogoh koceknya dalam dalam untuk dapat memiliki tanaman ini? Kebanyakan alasanynya adalah keunikan bentuk dan keidahan warna daun yang dimiliki oleh Tanaman ini.  Selain itu, perawatannya yang mudah juga menjadi salah satu alasan lain yang menjadikan tanaman ini kereap dijumpai sebagai penghias dekorasi rumah. 

Namun dibalik itu semua, mungkin banyak warganet yang salah mengira jika tanaman monstera atau janda bolong ini hanya memiliki satu jenis saja. Seperti yang di jelaskan diatas, tanaman ini memiliki sekitar 48 jenis. Dan berikut ini adalah daftar tanaman monstera yang populer di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber

1# Monstera Obliqua

Monstera Obliqua inilah yang dikenal masyarakat Indonesia sebagai tanaman janda bolong. Karena bentuknya, Monstera Obliqua juga sering salah dipahami dan disamakan dengan jenis Monstera Adansonii. Ciri dari jenis obliqua yang jelas adalah daun yang lebih tipis jika dibandingkan jenis tanaman monstera lainnya. Jenis ini juga memiliki ciri khas lubang yang besar lebih banyak. Bahkan lubang yang ada pada daun jenis ini dapat mencapai sekitar 90% dari daun yang tumbuh. 

Tanaman Monstera Obliqua

Tanaman yang berasal dari daerah Amerika Tengah dan selatan ini memang terbilang langka. Pertumbuhan tanaman Obliqua ini juga tergolong lambat. Inilah yang menyebabkan Monstera Obliqua asli  dihargai dengan harga yang fantastis hingga jutaan rupiah. Dengan ukurannya yang kecil, warganet dapat meletakkan tanaman hias ini di atas meja dirumah sebagai hiasan yang menarik. Yang perlu diperhatikan adalah tidak meletakkan barang-barang lain di sekitarnya dikarenakan daunnya yang tipis dan membuatnya lebih mudah sobek jika terkena sesuatu.

Baca Juga : Cara Merawat Sirih Gading Agar Tanaman Lebat dan Indah

2# Monstera Adansonii

Monstera ini juga termasuk tanaman janda bolong yang saat ini populer. Jenis ini dapat dengan mudah ditemukan di  Indonesia. Hal ini yang menyebabkan Monstera Adansonii memiliki harga yang  lebih terjangkau jika dibadingkan dengan Obliqua. 

Namun warganet jangan sampai salah membedakan jenis janda bolong ini ya. Pasalnya, sering ditemukan Monstera ini salah dilabeli sebagai monstera obliqua.

Tanaman Monstera Adansonii

Sekilas memang mirip dengan obliqua namun, ciri dari Monstera  Adansonii adalah lubanh yang terbentuk pada daun hanya ada pada bagian tengahnya saja dan tidak sampai sobek yang membentuk jari-jari di tepian daun. Sobekan pada Monstera ini memakan sekitar 50% daun. Adansonii juga memiliki daun yang lebih tebal dan lebih kasar daripada obliqua. Ukuran daunnya pun lebih kecil dan memiliki warna hijau tua dan muda yang bergradasi. Untuk harga Tanaman Monstera Adansonii dijual mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Baca Juga : Tanaman Pakis Boston, Pakis Modis Untuk Dekorasi Rumah

3# Monstera Deliciosa

Tanaman ini bisa dikenali dengan mudah degan bentik daunnya berlubang dan menjari di bagian tepinya. Daun besar dan menyerupai bentuk hati juga menjadi ciri Khas dari Tanaman ini. Warna daun secara umum sama seperti daun lainnya yaitu dominan hijau. Yang membedakan adalah pada saat berumur lebih tua, warna daun juga akan terlihat lebih tua. Jenis tanaman monstera ini dapat hidup di dalam ruangan dengan temperatur suhu 20 sampai denga 30 derajat celcius. 

Tanaman Monstera Deliciosa

Monstera deliciosa dari dulu memang sudah populer ditanam dan dibudidayakan sebagai tanaman hias. Tak heran jenis ini sering dijumpai karena memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan tanaman monstera lainnya. Monstera deliciosa dapat warganet beli dengan harga mulai dari Rp 50 ribu sampai dengan Rp 300 ribu. Monstera deliciosa umumnya ditanam sebagai dekorasi interior di ruangan, gedung ataupun di tanam di halaman rumah. 

Baca Juga : Bunga Gerbera Bunga Potong yang Ramai Peminatnya

4# Monstera Borsigniana

Monstera Borsigniana memiliki ukuran lebih kecil dari Deliciosa. Bahkan sebenarnya jenis ini adalah variasi dari monstera deliciosa. Ukurannya yang lebih kecil membuat batangnya juga lebih lunak dan membuat monstera ini tumbuh menjuntai. Warganet dapat menghiasi teras dengan menggantungkan monstera borsigiana didalam pot gantung. 

Tanaman Monstera Borsigniana

Dengan ukurannya yang kecil, akan sangat pas diletakkan di dalam rumah sebagai hiasan yang indah dan memberi kesan segar. Ciri khas dari tanaman ini adalah ukuran daun monstera borsigiana lebih kecil dan lubangnya juga memiliki  jarak, hal itu membuatnya terlihat elegan dan simpel. Untuk mendapatkan Monstera Borsigniana juga tidak jauh berbeda dari Monstera Deliciosa. Tanaman ini dipatok dengan harga ini mulai dari Rp 70 ribu sampai Rp 700 ribu.

5# Monstera Variegata

Jenis ini adalah monstera yang memiliki harga yang fantastis juga. Tak lain dikarenakan keunikan warna yang dimiliki Monstera Variegata. Tanaman ini juga dikenal sebagai konstelasi Thailand. Tanaman ini berasal dari mutasi genetik yang dapat mempengaruhi spesies Monstera lainnya yang berbeda. Monstera Variegata memiliki daun yang besar dan mengkilap. Batang daunnya kaku dan kokoh serta memiliki warna hijau zamrud yang indah dengan semburat kombinasi warna putih atau krem. 

Monstera Variegata

Tanaman ini adalah salah satu monstera yanh jarang dijual di pasaran. Karena langka dan keunikan yang dimiliki. Dan jikalaupun dijual, harganya pasti akan  lebih mahal jika dibandingkan jenis monstera lainnya yang umum ditemukan. Jenis Monstera Variegata dapat dipatok dengan harga selangit hingga mencapai belasan juta.

Baca Juga : Punya Bunga Peace Lily dirumah? Begini Cara Merawatnya

6# Monstera dubia

Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini adalah tanaman Monstera yang dapat tumbuh merambat pada dinding atau pohon lainnya dengan indag.  Ciri khas yang membedakan dengan jenis Monstera sebelumnya adalah helai daun monstera dubia tidak memiliki lubang dan utuh layaknya daun tanaman lain pada umumnya. Ukuran daun tanaman monstera ini juga cenderung lebih kecil dengan bentuk bulat dan mengerucut pada salah satu ujungnya.

Monstera dubia

Dengan kombunasi warna hijau dan putih yang dimiliki Monstera dubia akan benar benar membuat rumah warganet menjadi lebih asri dan menciptakan kesan yang segar. Monstera Dubia bisa dikenali dengan daun yang sangat kecil berbentuk hati dengan warna hijau tua dan hijau muda. Walaupun tidak memiliki lubang seperti monstera lainnya, namun dubia adala jenis monstera yang sangat sulit untuk ditemukan. Hingga tak heran jika harganya dapat mencapai belasan juta rupiah.

Baca Juga : Apa manfaat lidah buaya bagi kesehatan? Yuk disimak ulasannya

7# Monstera Siltepecana

Tanaman Monstera Siltepecana sekilas memiliki ciri yang hampir sama dengan monstera dubia. Perbedaannya hanya pada bentuk daunnyam Jika monstera Dunia memiliki bentuk daun bundar mengerucut, Monstera Silteprcana memiliki bentuk daun lebih memanjang menyerupai oval yang ujungnya mengerucut. 

Monstera Siltepecana

Jenis tanaman ini juga disebut silver monstera. Hal ini dikarenakan bagian tengah daun memiliki warna perak dna tulang dan pinggiran daun tetap berwarna hijau  Harga Monstera Siltepecana juga terbilanh cukup tinggi. Tanaman ini dipatok dengan harga mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 7 juta.

8# Rhaphidophora Tetrasperma

Tanaman ini sering disebut sebagai monstera mini. Tanaman ini sering salah dilabeli sebagai Monstera deliciosa. Bahkan sebenarnya, tumbuhan ini bukan spesies Monstera. Monstera Mini ini memiliki lubang yang memanjang hingga ke tepi daun. Warnanya biasanya adalah warna hijau tua yang menarik. 

Rhaphidophora tetrasperma

Tanaman ini berasal dari Thailand dan Malaysia. Mini Monstera adalah salah salah satu jenis tanaman hias dengan harga yang terjangkau. Warganet dapat memiliki Mini Monstera ini dengan harga mulai dari puluhan ribu rupiah.

Baca Juga : Punya Dirumah? Tanaman Dalam Ruangan Anti Racun, Bikin Sehat Dan Tetap Kece Di Ruangan

Menanam Tanaman Monstera:

Untuk membudidayakan tamana Monstera terbilang gampang gampang susah. Tanaman ini hidup dengan baik di tempat yang memiliki suhu antara 20 sampai dengan 30 derajat Celcius untuk siang hari, dan 15 derajat Celcius pada malam hari. 

Media tanam yang digunakan juga tidak berbeda dengan jenis tanaman hias lain. Warganet dapay mencampurkan tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan'm 1:1 . Untuk budidaya tanaman Monstera ini sendiri dapat warganet  dilakukan dengan cara vegetatif.

Cara paling mudah adalah dengan setek batang. Prosesnya juga tidak berbeda pada setek pada tanaman jenis lain. Karena monstera merupakan tumbuhan merambat yang memiliki akar pada batangnya, warganet dapat memotong batang tanaman tersebut sehingga akar-akar gantungnya bisa menjadi akar sejati.

Agar menghasilkan tanaman yang sehat dan menarik, tentunya juga dieperlukan perawatan yang baik pula. Dan berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan pada saat merawat m Monstera. 

Merawat tanaman monstera

1. Keseimbangan cahaya di lingkungan.

Warganet harus memperhatikan asupan cahaya yang tepat untuk monstera. Hal ini dikarenakan ketika monstera mendapatkan terlalu banyak sinar matahari, daunnya akan menguning. Dan jika dibiarkan dalam ruangan gelap dan kurang cahaya matahari, tanaman mengalami fototropisme negatif yaitu daun baru tumbuh ke arah yang gelap, bukan ke cahaya.

Untuk itu warganet dapat meletakkan tanaman monstera yang dimiliki pada dekat jendela yang tidak terkena matahari secara langsung. Warganet juga dapat memberikan atap denga penghalang atau atap yang dibuat dengan menggunakan jaring ketika akan meletakkan tanaman monstera di luar rumah seperti di taman atau halaman. 

2. Kebutuhan airnya.

Jangan lupa juga untuk menyirami tanaman dengan air secukupnya. Lakukan hal ini pada tanaman monstera secara merata. Warganet juga dapat menyiran tanaman secara rutin sekali seminggu. Namun pastikan hingga tanah cukup kering sebelum disiram kembali. 

Simpan monstera dii lingkungan yang cukup lembab. Agar monstera tidak berkembang secara berlebihan, hindari penanaman kembali terlalu sering. Sobat juga dapat memangkas secara teratur dengan mencubit tumbuhan baru.

3. Kondisi tanah.

Media tanam atau tanah tempat taman tumbuh. Tanaman akan mendapatkan nutrisi yang berasal dari tanah. Oleh Sebab itu, agar tanaman monstera dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya Warganet harus memperhatikan kondisinya dengan baik. 

Untuk menjaga kelembapan dari akar tanamannya, campurlah tanah dengan lumut gambut dan perlit atau vermikulit dengan takaran setengah lumut gambut, setengah perlit. Campuran media tanam ini membantu mempertahankan kelembapan tanah tanpa membuat akar membusuk.

4. Pemupukan.

Seperti halnya tanaman lainnya, monstera juga membutuhkan nutrisi melalui tanah yang sehat melalui dengan pemupukan. Singkatnya, tanaman yang tumbuh di dalam pot dengan nutrisi yang terjaga akan memiliki kesempatan hidup yang lebih besar jika dibandingkan dengan tanaman yang tumbuh di alam liar. Hal ini dikarenakan siklus nutrisi segar di alam tidak konstan.

Warganet dapat memberikan pupuk tergantung pada seberapa cepat pertumbuhan yang warganet inginkan dari tanaman. Yang perlu diingat adalah jangan terlalu berlebihan dalam memberikan pupuk bagi tanaman.

5. Repotting.

Repotting adalah mengganti pot tanaman monstera yang memiliki ukuran yang semakin besar. Hal ini diperlukan untuk memberikan ruang yang lebih banyak bagi tanaman untuk tumbuh. Wagnanet dapat melalukannya jika dirasa waktunya sudah tepat ataupun sekali dalam setahun. Dan selalu gunakan pot yang dilengkapi dengan lubang drainase atau pembuangan air. 

7. Cegah dari gulma.

Warganet juga harus memastikan pot yang digunakan tidak ditumbuhi gulma. Hal ini dikarenakan gulma dapat merebut nutrisi dari tanaman monstera. Gulma juga dikhawatirkan dapat menyerap air serta nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanaman monstera. Segera cabut gulma yang ada jika warganet melihatnya tumbuh di dalam pot. Pastikan untuk mencabut gulma sampai ke akarnya supaya tidak tumbuh dan menggangu nutrisi tanaman monstera.

Posting Komentar untuk "Tanaman monstera Yang Lagi Hits, Jenis jenis, cara menanam dan perawatannya"